Selamat datang di blogsite ahmadsatriyo.com

Puasa Sebelum Idul Adha

Thursday, October 2, 20140 komentar

Puasa Arafah 2014 Sebelum Idul Adha 2014 Kapan? Dilakukan Pada Tanggal Berapa?

Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha, sebagian umat Islam ada yang akan mengisi satu hari sebelum hari-H dengan puasa arafah atau salah satu dari puasa dzulhijjah. Hanya saja, untuk di Indonesia, penetapan Idul Adha 2014 tidak sama antara penetapan waktu wukuf di Arab Saudi dengan keputusan Pemerintah Indonesia. Ini membuat umat Islam di Tanah Air sedikit bingung tentang pelaksanaan puasa tersebut.

Puasa arafah selama ini mengikuti dari berlangsungnya wukuf haji di Padang Arafah, Arab Saudi, pada 9 Dulhijjah. Arab Saudi menetapkan wukuf tahun ini bertepatan dengan hari Jumat 3 Oktober 2014 dan Idul Adha pada Sabtu, 4 Oktober 2014. Sementara Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha tahun ini jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014. Artinya, jika mengikuti jadwal wukuf di Arab Saudi maka puasa arafah dilakukan pada 3 Oktober 2014. Sebaliknya, kalau mengikuti Pemerintah Indonesia maka puasa arafah pada 4 Oktober 2014. Mana yang benar?
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menengahi hal ini. Anwar Abbas, selaku Pimpinan MUI pusat mengatakan, pelaksanan puasa arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah. Namun terkait mau pilih mana tanggal 9 Dzulhijjah-nya, Anwar menyerahkan keputusannya pada setiap individu umat. Terkait perbedaan ini, masyarakat diminta untuk saling menghormati atas pilihan masing-masing.
“Apakah itu 9 Zulhijah-nya jatuh pada 3 Oktober atau 4 Oktober, mengacu pada keputusan yang dipilih masyarakat masing-masing,” kata Anwar seperti dikutip laman Liputan6.
Namun perlu dijadikan catatan, kalau merujuk pada penetapan Idul Adha 2014 versi Pemerintah Indonesia 5 Oktober, maka puasa arafah dilakukan 4 Oktober. Artinya ketika melakukan puasa pada waktu tersebut, wukuf di Padang Arafah sudah berakhir. Jadi, pilihan tentang waktu puasa arafah sepenuhnya tergantung keyakinan Anda. Selamat berpuasa.

Sumber : sidomi.com
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. IT Design Development - All Rights Reserved
Adzury powered by Blogger